Another Source

wakno

Pages


Selasa, 13 September 2011

Pengertian Metode, Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran


Metode secara harfiah berarti ‘Cara’. Dalam pemakaian yang umum, “metode diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang dapat dipakai untuk mencapai tujuan tertentu”.
Menurut penulis sendiri metode adalah cara yang dipakai untuk menempuh suatu tujuan yang akan dicapai dan tentu saja cara yang dipakai tersebut punya prosedur dan aturan tersendiri berdasarkan objek yang akan kita kerjakan.
Metode pembelajaran dapat juga diartikan sebagai rencana yang sistematis untuk menyampaikan informasi atau cara yang telah terpola dan untuk memperoleh pengetahuan karenanya, suatu metode bersifat prosudural, teknis, dan implementatif. Beberapa metode yang dapat digunakan selama proses pembelajaran diantaranya adalah metode: Ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, eksprimen, laboraturium, penemuan (discovery atau Inquiri), investigasi, eksplorasi, pemecahan masalah, permainan, matematika di luar kelas, pemberian tugas (latihan), bermain peran, dan pembelajaran kooperatif. 
Berbicara pendekatan Killen telah membagi dalam dua pendekatan yaitu pendekatan yang berpusat pada guru dan pendekatan yang berpusat pada siswa. Pendekatan yang berpusat pada guru dapat menurunkan strategi pembelajaran seperti pembelajaran langsung, sedangkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dapat menurunkan strategi pembelajaran seperti inquiri.
Cara pengorganisasian pelajaran, metode, media pembelajaran serta waktu yang di tempuh untuk memberikan pengalaman kepada siswa merupakan urutan kegiatan sehingga suatu urutan tersebut bisa dikatakan sebuah strategi pembelajaran.
Pengorganisasian pengalaman belajar atau kerangka konseptual untuk merencanakan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai melalui pengorganisasian yang berbeda-beda akan menghasilkan sebuah model pembelajaran.
Toeti Soekamto dan Winataputra dalam fajar shadiq menyatakan 10 model pembelajaran, di antaranya: “Model pencapaian konsep, model latihan penelitian, model sinektiks, model pertemuan kelas, model investigasi kelompok, model yurisprudental, model latihan laboratoris, model kontrol diri, dan model simulasi.”
Metode, pendekatan, strategi dan model pembelajaran adalah 4 (empat) komponen yang sangat penting untuk diketahui oleh seorang pendidik sebelum melakukan proses pembelajaran agar proses belajar yang berlangsung dalam kelas dapat berlangsung sebagaimana yang kita harapkan.


     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar